Perda RTRW DKI Disahkan Maret

JAKARTA, KOMPAS.com – Meski sempat molor dari target, Peraturan Daerah Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) DKI Jakarta kembali dibahas di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Perda yang mengatur pengelolaan Jakarta secara menyeluruh ditargetkan kembali rampung pada Maret 2011. Demikian disampaikan Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta, Muhammad Sanusi, Selasa (8/2/2011).

Sanusi menjelaskan saat ini anggota dewan bersama Pemprov DKI Jakarta tengah mendengarkan pendapat stakeholders yang terdiri dari lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan para akademisi. “Pembahasan dilanjutkan lagi setelah tertunda pada Tahun 2010 tersebut. Alasan keterlambatan karena saat itu anggota dewan tengah sibuk menyusun RAPBD,” katanya.

Sanusi melanjutkan, “Untuk Perda RTRW ini kami targetkan rampung pada pertengahan Maret 2011”.

Di dalam draft Raperda RTRW yang kini dipegang anggota dewan, Sanusi melihat ada hal yang tidak disebutkan di dalam raperda yakni terkait dengan sedimentasi dan penurunan permukaan tanah. “Di perda tidak gamblang bilang dan cuma disebutkan untuk melakukan konservasi air, karena penurunan tanah di Jakarta terjadi akibat penarikan air tanah yang berlebihan terhadap sumur dalam atau artesis sehingga untuk mengembalikan dan menjaga struktur tanah hanya bisa dibutuhkan dengan injection well atau penyedotan air tanah,” ungkap Sanusi.

Sanusi melanjutkan penyedotan air tanah tersebut penting dilakukan daripada dengan resapan atau pori. “Harusnya Jakarta bangun waduk atau situ karena ada 13 sungai yang mengelilinginya. Di waduk itu, ditanam, injection well. Nah itu yang tidak ada dalam raperda,” ungkap politisi Gerindra ini.

Adapun di dalam raperda RTRW untuk jangka waktu 20 tahun tersebut diatur tentang transportasi, pengendalian banjir, air baku, ruang terbuka hijau (RTH), perumahan, pengembangan pantura, transit oriented development (TOD), perubahan iklim dan kebencanaan, sanksi pidana, dan kelembagaan. Theo

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s