Harga Komoditas Bakal Tetap Tinggi di 2011

Nurul Qomariyah : detikFinance
detikcom – Washington, Harga-harga komoditas akan tetap tinggi selama tahun 2011. Untuk harga komoditas non-minyak, kenaikannya diprediksi mencapai 11%, sementara harga minyak diprediksi mencapai US$ 90 per barel.

Demikian terungkap dalam World Economic Outlook Update yang dirilis IMF, seperti dikutip dari situsnya, Selasa (25/1/2011).

Sepanjang 2010, harga komoditas baik minyak maupun non minyak telah menunjukkan kecenderungan menguat, merespons kuatnya permintaan global dan kekurangan suplai untuk sejumlah komoditas.

“Tekanan ke atas pada harga-harga komoditas diprediksi akan tetap ada pada tahun 2011, seubungan dengan berlanjutnya permintaan yang besar dan menurunnya suplai merespons kondisi pasar yang ketat,” demikian prediksi IMF.

Sebagai hasilnya, IMF memperkirakan harga minyak rata-rata pada tahun 2011 akan mencapai US$ 90 per barel, naik dibandingkan proyeksi WEO Oktober 2010 yang sebesar US$ 79 per barel.

Untuk komoditas non-minyak, kerusakan panen sehubungan masalah cuaca lebih besar dari ekspektasi di akhir 2010 dan efek harganya diprediksi baru akan berkurang setelah musim panen 2010.

“Hasilnya, harga komoditas non-minyak diprediksi meningkat 11% di tahun 2011. Risiko jangka pendek sekarang meningkat untuk kebanyakan kelas komoditas,” demikian prediksi dari IMF. Theo

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s